Ridwan Kamil akan Buatkan Perahu Unik untuk Wisata Situ Wangi

Ridwan Kamil akan buatkan perahu
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati dan Wakil Bupati Ciamis/SAKATA

Travel, SAKATA.ID: Gubernur Jawa Baray (Jabar) Ridwan Kamil berencana, akan buatkan perahu yang unik untuk objek wisata Situ Wangi.

Hal tersebut dia ungkapkan saat melakukan peresmian objek wisata Situ Wangi di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/2/2022).

Bacaan Lainnya

Kesan menyeramkan di objek wisata di sana kini sudah hilang. Anggaran Rp 11 miliar yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Jabar untuk membangun insfrastruktur di sana telah merubah citra tersebut.

Suasana yang nyaman, dan sejuk menjadikan situ tersebut jadi sebuah objek wisata yang akan diminati pengunjung lokal maupun luar daerah Ciamis.

Ada banyak fasilitas yang disediakan, mulai dari belasan gazebo, wedding garden, ruang pertunjukan, menara pandang (menara selfie), jalur perdistrian, serta toilet.

Ridwan Kamil menegaskan, penampilan Situ Wangi sangat jauh berbeda dengan sebelumnya, yang kini memiliki dua fungsi, yakni ekologis sebagai sumber mata air, irigasi. Kemudian fungsi sosial. Yaitu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan pariwisata.

“Penataan Situ Wangi ini. Merupakan bukti dari janji saya sebelumnya. Meskipun sudah ditata tapi tidak mengubah fungsi utamanya, sebagai sumber air,” kata Emil.

Ke depan, Emil juga berjanji akan menambah fasilitas untuk situ ini. Ia ingin tempat ini dapat memanjakan pengunjung.

Seeprti penambahan Home Stay, pihaknya akan bekerja sama dengan warga sekitar untuk membangun rumah singgah yang lebih nyaman.

Kemudian, Ridwan Kamil juga akan buatkan desain perahu khusus wisata yang unik.

“Saya ingin nanti ada eprahu khusus. Nanti saya desain sendiri bentuk yang unik, gimana. Supaya wisatawan semakin tertarik,” kata dia.

“Saya yakin kalau ada perahu besar, pasti pengen lah ya jalan-jalan di Situ Wangi ini, bayar berapa kan ya,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis mengungkapkan, Situ Wangi sejak dahulu sudah menjadi sumber air bagi warga sekitar.

Juga sebagai tempat mata pencaharian masyarakat. Tetapi, tiga tahun yang lalu kondisinya sangat tak terurus. Bahkan terkesan menyeramkan.

Tak banyak warga luar daerah Ciamis yang tahu tentang Situ Wangi.

Berbeda dengan sekarang, penampilan situ ini lebih indah dan tertata rapi. Janji Ridwan Kamil untuk memperbaiki situ ini terbayar.

Siu Wangi telah menjadi tempat wisata yang indah, sejuk, dan tetap menjadi sumber air bagi pertanian warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.