Wisata Air Terjun Curug Dawuan dengan Sensasi Hutan Belantara

Wisata Air Terjun Curug Dawuan Ciamis

SAKATA.ID: Wisata air terjun di Ciamis terus dibuka sebagai tujuan berwisata baru. Kini telah dibuka Curug Dawuan melengkapi tujuan traveller setelah Curug Cikembar Cimaragas, Curug Tujuh Panjalu, Curug Cingembat Sadananya, Curug Banjaranyar dan Curug Cihaurbeuti.

Sedikit berbeda, wisata air terjun ini lebih dulu memberikan tantangan yang indah yang perlu kamu lalui. Yaitu, sensasi menembus hutan belantara dengan berjalan kaki.

Bacaan Lainnya

Track menuju ke Curug Dawuan ini tentu cocok buat traveller yang mencintai alam, atau kamu yang pernah aktif di kelompok pecinta alam.

BACA JUGA : Curug Batu Mahpar, Wisata Air Terjun di Kaki Gunung Galunggung

Sedikit diajak mendapatkan pengalaman masuk ke hutan belantara, bukan berarti curug ini tidak layak menjadi salah satu tujuan wisata. Justeru hal inilah yang menjadi daya tarik.

Kendaraan kamu bisa diparkir aman di lokasi parkir yang sudah dijaga pengelola. Dari sana kamu mulai melakukan penelusuran masuk ke hutan. Di jalan setapak, di sisi kiri kanan banyak pepohohan tinggi.

Nikmatilaha sensasi perjalanannya. Itu tidak berapa jauh, kurang lebih 10-15 menit dengan berjalan santai, kamu sudah bisa menembus hutan dan sampai ke titik lokasi dimana kamu bisa menikmati basah-basahan di leuwi atau kubangan di bawah air terjun Curug Dawuan.

Air terjun ini terletak di hulu Sungai Dawuan Desa/Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Air terjun yang jatuh serta arus mengular diantara bebatuan ke sungai cukup deras.

Suara gerisik air, angin yang menyapa manja, dan kicau burung yang harmoni dengan alam, akan merelaksasi indera kamu. Sungguh sensasi alam yang luar biasa yang bisa kamu dapatkan di sana.

Wisata air terjun ini baru saja dibuka, oleh Karang Taruna dan Pemerintah Desa Cipaku yang orientasinya kepada pengembangan desa wisata.

Baru saja tiga bulan dibuka dan sedikit ditata menjadi tujuan wisata, pengunjung lokal Ciamis sudah banyak menjajal melakukan penjelajahan menembus hutan dan basah-basahan di bawah air terjun.

BACA JUGA : 4 Wisata Air Terjun Eksotik di Ciamis

“Buat kami mungkin ini biasa, tidak aneh. Tetapi suasana alam yang masih perawan, dan air yang jernih tempat kami biasa berenang, ini juga dibutuhkan oleh para wisatawan dan pecinta alam. Maka kami berpikir ini potensial,” kata Agil salah seorang anggota Karang Taruna Desa, Sabtu (25/7/2020).

Salah seorang pengunjung asal Tasikmalaya Agan (27) mengaku sangat takjub melihat keindahan alam Curug Dawuan Kecamatan Cipaku Ciamis. Dia betah berlama – lama melakukan wisata dan relaksasi alam di sana.

“Saya menyukai keindahan dan ketenangan alam seperti ini. Suasana seperti ini buat saya betah,” kata Agan.

Rute ke Curug Dawuan Kecamatan Cipaku Ciamis

Jika kamu memulai perjalanan daru Kota Bandung, diperkirakan akan menempuh waktu perjalanan sekitar tiga jaman dalam kondisi lalulintas normal. Jika start dari Kota Tasikmalaya memerlukan waktu sekitar 45 menitan atau satu jam menuju Desa/Kecamatan Cipaku.

Dari Bandung anda bisa mengambil rute, menuju arah Tasikmalaya, lalu mengambil jalan ke Kecamatan Panjalu dari pertigaan Cihaurbeuti. Setelah masuk pertigaan Pom Bensin Kawali ambil arah kanan menuju Kecamatan Cipaku.

Dari Tasikmalaya lebih baik mengambil rute ke alun-alun Ciamis, masuk ke Jalan Raya Ciamis-Cirebon dan anda akan sampai ke Kecamatan Cipaku. Setelah sampai di Kecamatan Cipaku anda akan terpandu oleh petunjuk jalan, atau bisa menanyakan ke warga setempat.(HM/S-02)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.