Baju Koko Model Kurta, Trend Lebaran 2022

foto:shopie

FASHION, Sakata.id:- Lebaran idul fitri tahun 2022 tinggal 26 hari lagi, masih sangat jauh. Tetapi, kebanyakan ummat muslim Indonesia momentum lebaran seringkali terbayang bahkan di awal masuk bulan Ramadhan. Nah, baju koko model kurta menjadi salah satu rekomendasi persiapan fashion, jelang lebaran Idul Fitri 2022.

Para pedagang pakaian juga sudah sibuk me-list stok baju muslim termasuk baju koko lebaran untuk pria, baik dewasa maupun anak. Berbagai model dan bahan mulai dari harga yang terjangkau sampai harga berkelas. Bahkan beberapa baju koko sudah mulai banyak menghiasi pajangan di toko-toko baju, sejak hari pertama bulan Ramadhan.

Bacaan Lainnya

Koleksi busana nuansa islami sudah menjadi tema berbagai conter baju termasuk di mall, dan toserba yang memiliki gerai pakaian. Baju koko, kopiah, sorban, dan aneka ragam baju muslim wanita menjadi display utama.

Diantara berbagai model baju koko pria untuk lebaran, model yang paling mendominasi adalah baju koko model Kurta. Model Kurta adalah baju koko yang kain ke bawahnya lebih panjang hampir seperti gamis namun lebih pendek.

Baju koko model Kurta ini menjadi trendi di kota-kota, bahkan terbilang baju koko yang lebih berbeda ketika dipakai, dan lebih kena identitas baju muslimnya. Tidak seperti baju koko yang mirip dengan T-shirt biasa. Model koko T-shirt kadang nampak tidak seperti baju koko atau identitas pakaian muslimnya kurang kuat.

Mengenal Baju Koko Model Kurta

Kita seringkali mengidentikan baju-baju koko muslim dengan negara timur tengah dan menyebutnya dengan arabian style. Tetapi kata Kurta ini sebenarnya bukan dari bahasa Arab. Kata Kurta berasal dari bahasa Urdhu Persia.

Kurta ini memiliki arti pakaian dengan potongan kemeja panjang sampai lutut, namun kemeja ini tidak menggunakan kerah. Jadi kalau dipakai ini akan nampak lurus panjang sampai ke pinggul, serta longgar sejak dari bahu. Kedua, Kurta di bagian tanganya juga tanpa cuff seperti kemeja biasa.

Pakian model Kurta ini menjadi pakaian tradisional di beberapa negera seperti India, Nepal dan Pakistan. Namun di India Kurta tidak hanya untuk pakian pria tetapi juga menjadi pakaian wanita. Di India Kurta yang paling populer adahan jenis Hyderadabi Kurta, berpotongan V-neck dengan bahan bertekstur tebal dan motif etnik.

Pilihan Warna

Pilihan warna juga menjadi penentu. Selain model pilihan warna baju koko juga beraneka ragam, mulai dari warna yang tegas dan berani dengan sedikit corak, termasuk warna polos yang adem. Namun warna adem cenderung lebih dominan menjadi pilihan baju koko untuk lebaran.

Selain model bahan kain pembuatan baju koko juga tak luput dari perhatian. Ada bahan dengan kain katun Madinah ada juga kain lokal dan kain import lain. Tetapi kain katun madinah lebih unggul karena bahan tersebut cenderung lebih halus dan tidak panas atau tidak mudah gerah ketika dipakai.

Perencanaan belanja pakaian lebaran jenis jenis konsumen juga berbeda beda, dari cara mereka memilih fungsi pakaian untuk lebaran, diantaranya:

Fungsi untuk pakian beribadah

Fungsi ini lebih dominan, memang lebih banyak yang merencanakan pakaian untuk sholat Iedul fitri. Seperti sarung baru, sajadah, baju koko sampai ke sandal yang akan digunakan saat hendak pergi ke tempat sholat ied, masjid atau arena lapangan.

Fungsi pakian harian

Konsumen fashion menjelang lebaran juga ada yang tidak terlalu memikirikan pakaian sholat ied. Mereka lebih fokus pada pakaian baru untuk sehari-hari atau dipakai saat bersilaturahmi ke keluarga.

Dua fungsi dengan satu model

Ada juga yang memilih satu model yakni model baju koko, tetapi digunakan untuk dua fungsi. Fungsi ibadah untuk sholat ied, termasuk juga tetap digunakan saat bersilaturahmi. Yang menggunakan satu model dengan dua fungsi ini lebih banyak. Tentu saja karena hal ini dipandang lebih hemat. Tidak harus berbelanja baju dengan dua model.

Nah jika dua fungsi menjadi pilihan lebih hemat dan memiliki fungsi untuk Sholat Ied dan sehari-hari, Kurta yang telah menjadi pakaian keseharian di negara lain, juga bisa menjadi ide untuk anda. Memilih baju koko namun memiliki dua fungsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.