ABDSI : Hari UMKM Harus Jadi Program Berkelanjutan di Tasikmalaya

ABDSI Hari UMKM Tasikmalaya

SAKATA.ID : Peringatan Nasional Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jatuh pada 12 Agustus.

Dalam memperingati hari ini Asosiasi BDS Indonesia (ABDSI) Korda Kota Tasikmalaya berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKMP) setempat.

Bacaan Lainnya

ABDSI dan KUMKMP Kota Tasikmalaya sekaligus menggelar uji kompetensi sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Food Handler bagi 200 pelaku UMKM di Tasikmalaya.

Harus Jadi Program Daerah

Dijelaskan bahwa peringatan nasional UMKM hari ini bertujuan agar, kedepannya Hari peringatan UMKM dapat direspon baik oleh berbagai pihak.

Selain itu, dapat menjadi program daerah yang berkelanjutan seperti halnya Hari Koperasi yang diperingati setiap 12 Juli.

“Adapun uji kompetensi itu supaya sumber daya manusia UMKM bisa unggul dan mampu beradaptasi dan berkompetisi dengan keadaan saat ini,” ujar Ketua Umum ABDSI Korda Kota Tasikmalaya Mochamad Irvan.

Di dalam kegiatan itu hadir Sekretaris Dinas KUMKMP Kota Tasikmalaya Dian Danuwirsa. Dia memberikan sambutan sekaligus membuka acara peringatan UMKM itu.

BACA JUGA : Pelatihan Fotografi Produk UMKM, Siasat Marketing di Medsos

Secara bersamaan, Dian membagikan masker sebagai bentuk kampanye protokol kesehatan. Mengingat pandemi COVID-19 belum usai.

Masker diberikan secara simbolis kepada panitia kegiatan Peringatan Hari Nasional UMKM dan perwakilan peserta yang hadir.

Kemudian acara itu juga diisi dengan Sharing Session Legislasi UMKM. Dengan pembicara dari Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya Tjahja Wandawa.

Belum Banyak yang Tahu

Memang belum banyak masyarakat yang tahu adanya Peringatan Nasion UMKM ini. Padahal sudah ada sejak tahun 2016. Diperingati setiap tanggal 12 Agustus.

Hari Nasional ini dideklarasikan dalam Kongres Nasional UMKM pertama yang diselenggarakan di Yogyakarta, 25-26 Mei 2016. Kegiatan itu diprakarsai oleh ABDSI.

Pada tahun 2020 Hari Peringatan UMKM mengangkat tema, “Meretas Jalan UMKM Unggulan untuk Mewujudkan Kedaulatan Ekonomi Bangsa”.

Tema tersebut bermaksud memperluas dan memperkuat jaringan kerja sama pelaku dan pendamping UMKM.

BACA JUGA : Pasar Digital Harus Dikuasai UMKM, Sudah Waktunya !

Kemudian, meningkatkan kreativitas serta daya saing UMKM. Membentuk UMKM yang unggul, mendukung terwujudnya kedaulatan ekonomi bangsa Indonesia.

Selanjutnya tema itu juga diperluas dengan tagar #UMKMKuatBangsaBerdaulat.

Selayakny, Peringatan Hari Nasional UMKM menjadi momentum bahwa UMKM berperan penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.