Kartu Prakerja Terancam Dicabut Jika Tidak Lakukan Ini

paket pelatihan

Nasional, SAKATA.ID: Kartu prakerja terancam dicabut jika setelah bergabung peserta tidak segera melaksanakan kewajibannya.

Gelombang 10 dikabarkan menjadi periode terakhir dari program tersebut, maka tidak ada akan ada lagi kesempatan berikutnya.

Bacaan Lainnya

Ketika login di prakerja.go.id kemudian ada ucapan selamat datang yang disertai nama Anda, maka artinya Anda diterima untuk bergabung di kartu prakerja. Sebagai peserta kartu prakerja, Anda akan menerima biaya pelatihan sebesar  Rp1 juta rupiah.

Beli Paket Pelatihan Segera

Ada delapan mitra yang menyediakan pelatihan yaitu Kemnaker, Tokopedia, Pijar Mahir, Bukalapak, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, dan Sekolahmu. Delapan mitra tersebut menyediakan pelatihan dari berbagai lembaga. 

Untuk harga setiap pelatihan bervariatif, mulai dari Rp50 ribu per sesi. Hampir semua pelatihan bisa Anda ikuti secara online, sehingga Anda bisa mengikutinya dimanapun dan kapanpun selama memiliki koneksi internet memadai. Adakalanya lembaga mengharuskan peserta mengikuti webinar, pastikan Anda hadir 30 menit sebelum dimulai. 

Ketika membeli paket pelatihan, Anda diharuskan memasukkan nomor kartu prakerja. Pihak mitra akan mengirimkan SMS OTP ke nomor hp yang telah terdaftar di sistem kartu prakerja, kemudian peserta harus memasukkan kode verifikasi.

Apabila transaksi pembelian paket berhasil, maka saldo kartu prakerja akan terpotong. 

Jika dalam waktu 30 hari sejak bergabung peserta tidak membeli paket pelatihan, maka dana tersebut akan dikembalikan ke kas negara.

Selesaikan Kurang dari Seminggu

Jika memungkinkan, selesaikan pelatihan kurang dari seminggu. Setiap pelatihan memang memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda, oleh karena itu pilih bidang yang sesuai dengan bakat dan keahlian yang dimiliki. 

Akan lebih mudah mengasah keahlian yang sudah ada daripada mempelajari keahlian baru.

Namun, keahlian yang ingin diasah juga harus bisa menghasilkan income dalam waktu dekat. Sebagai contoh, sales marketing yang sudah tidak bekerja bisa mengikuti pelatihan “cara beriklan di facebook”. 

Pelajari semua materi yang diberikan oleh lembaga. Buat catatan Anda sendiri selama mengikuti pelatihan, agar bisa dipelajari kembali dan dikembangkan di kemudian hari.

Selesaikan pelatihan kurang dari seminggu agar segera menerima sertifikat. Pastikan Anda benar-benar memahami materi, agar sertifikat yang Anda miliki bukan sekedar keahlian kosong. 

Mengisi Ulasan di Website Mitra dan Pelatihan

Setelah menyelesaikan pelatihan, jangan lupa mengisi ulasan di website mitra dan pelatihan. Sebagai contoh, Anda membeli paket pelatihan di mitra Tokopedia. Kemudian Anda mengikuti pelatihan di lembaga Skill Academy. Maka selesai pelatihan, Anda harus menulis ulasan di Tokopedia dan Skill Academy agar sertifikat bisa masuk ke sistem dashboard prakerja. 

Peserta yang menulis ulasan dianggap telah menyelesaikan pelatihan oleh sistem prakerja. Maka status pelatihan di akun kartu prakerja yang semula “Aktif” akan berubah menjadi “Selesai”. Ketika sertifikat sudah terdeteksi oleh sistem prakerja, maka dana insentif bulanan akan segera diproses. 

Hubungkan Rekening BNI atau E-wallet

Selain kartu prakerja terancam dicabut, sanksi lainnya adalah peserta tidak berhak menerima insentif. 

Pastikan rekening yang Anda daftarkan ke sistem kartu prakerja menggunakan nomor hp yang sama. Selain BNI, peserta kartu prakerja bisa menggunakan e-wallet seperti OVO, LinkAja, atau Gopay. E-wallet yang didaftarkan pada sistem kartu prakerja juga harus menggunakan nomor hp yang sama.

Sembari menunggu pencairan, upgrade e-wallet Anda dengan melakukan selfie sambil memegang KTP. Proses upgrade biasanya memakan waktu 3-5 hari. Setelah upgrade e-wallet berhasil, peserta bisa memindahkan insentif ke rekening bank selain BNI untuk ditarik tunai melalui ATM. 

Selain biaya pelatihan, peserta akan mendapat insentif sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan berturut-turut. Insentif tersebut dapat dicairkan untuk mengurus keperluan selama persiapan bekerja. Gunakan insentif ini dengan sebaik-baiknya, bisa sebagai modal usaha atau membeli peralatan yang mendukung kelancaran bisnis Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.